Ini 10 Makanan Khas Kalimantan Enak dan Unik yang Harus Dicoba

Kalimantan punya beragam jenis kuliner yang rasanya khas dan nggak mengecewakan. Makanan khas Kalimantan ini juga bisa ditemukan di seluruh wilayah Kalimantan. Setiap daerahnya punya makanan khas yang enak dan wajib kamu coba. Dua puluh masakan khas kalimantan ini menjadi makanan wajib yang harus kamu coba karena rasanya enak dan susah ditemukan di daerah lain.


1. Ketupat kandangan

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu.


2. Chai kue

Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terpengaruh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak dan ebi ini punya rasa unik. Apalagi kalau dimakan bersama sambalnya yang pedas plus asam. Rasanya kamu nggak akan pernah berhenti ngunyah. Makanan khas Kalimantan ini jadi salah satu makanan yang paling dikangenin orang asli Pontianak.


3. Manday

Kalau Yogyakarta punya gudeg yang terbuat dari nangka, Kalimantan juga punya sajian khas yang terbuat dari buah cempedak yang mirip dengan buah nangka. Bedanya manday atau mandai ini terbuat dari kulit buah cempedak. Makanan ini dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu. Makanan khas Kalimantan ini cukup ini jika dibandingkan dengan kuliner lainnya.


4. Bubur pedas

Bubur pedas masakan khas Kalimantan ini berbeda dengan bubur yang sering kamu makan. Walaupun namanya bubur pedas, rasa bubur ini sama sekali nggak pedas. Bubur ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur manado yang di dalamnya banyak sayur-sayuran. Bubur pedas ini adalah sarapan khas di Kalimantan Barat, bubur ini paling enak disantap bersama ikan teri plus jeruk nipis.


5. Pengkang

Kue unik ini juga hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pengkang terbuat dari ketan yang isiannya adalah udang ebi. Mirip lemper sih tapi bedanya pengkang ini bentuknya segita dan dimakan bersama saus kerang yang pedas. Pengkang juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari Pontianak lho.


6. Hekeng

Hekeng masakan khas Tiongkong-Pontianak ini juga wajib kamu coba. Biasnaya hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging mulai dari babi sampai udang. Rasanya mirip dengan siomay, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap bersama kuah asam manis.


7. Soto banjar

Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa kamu makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khusunya kayu manis. Biasanya soto nggak dimasak dengan kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa kamu makan.


8. Kalumpe

Sayur daun singkong yang dimasa dengan santan mungkin bisa kamu temui juga di makanan Padang atau Sumatera. Kalau di Kalimantan sayur singkong dengan santan ini diberi nama kalumpe. Daun singkong di kalumpe ini biasanya diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak bersama dengan santan dan rempah-rempah.


9. Bingka barandam

Kue khas Kalimantan yang juga nggak boleh ketinggalan adalah bingka barandam. Kue manis asal Banjar ini sebenarnya nggak terlalu sulit untuk dibuat. Kamu hanya perlu tepung, telur, gula dan kayu manis. Dengan empat bahan sederhana ini kamu sudah bisa merasakan legitnya bingka barandam. Makanan ini juga andalan warga Banjar untuk menjamu tamu yang datang ke rumah, apalagi kalau tamunya dari luar kota kue ini pasti nggak bakal terlewat untuk disajikan.


10. Nasi bekepor

Pengen merasakan sajian khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.

Post a Comment for "Ini 10 Makanan Khas Kalimantan Enak dan Unik yang Harus Dicoba"