Mengubah Pola Pikir Masyarakat " Jerami Petani Penyelamat Kerusakan lingkungan



MARTAPURA - Terobosan baru kini kembali dilakukan dinas pertanian Kabupaten Banjar bersama Kodim 1006 Martapura dengan melaksanakan praktek pembuatan pupuk organik Pertanian yang berlangsung di halaman kantor BPP Kecamatan Gambut Martapura, Senin ( 11/11/2019).

Muhammad Surya BPP Gambut di bantu Babinsa Koramil - 08/ Gbt melakukan temuannya dengan mempraktekkan membuat Pupuk Organik Kompos berbahan dasar jerami padi. 

Sebelumnya Surya dengan Babinsa sudah membuat terlebih dahulu penyubur tanah dan tanaman padi ini, mereka berupaya agar sebuah temuan yang nantinya bisa membantu petani betul - betul tercapai.


Hari Ini pembuktian dilakukan, disebuah pertemuan dihadiri, Dandim Martapura, Sekcam, Babinsa dan PPL serta Kelompok Tani .

Kebutuhan akan pupuk terhadap lahan sawah petani memang tidak seluruhnya harus dipenuhi dengan pupuk kimia yang diproduksi oleh pabrikan.

Akan tetapi, untuk menghemat serta memperbaiki unsur hara pada tanah pupuk organik merupakan alternatif yang terbaik.

Bahan dasar pembuatan pupuk organik tersebut pun relatif mudah didapat dan sederhana. Yaitu dengan memanfaatkan limbah buah-buahan seperti buah Pisang, pepaya, nenas, dan batang pisang juga jerami, permentasi ragi, kotoran hewan diaduk menjadi satu.

Pemupukan relatif tergantung kita seberapa banyak membuat, semakin luas tentunya bahan pun semakin banyak kita membuat." Ungkapnya "

Selaku ketua kelompok tani Mulyadi beruntung baru menuturkan menyampaikan terima kasih atas arahan serta pendampingan yang dilakukan seperti ini.

“Sehingga menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik, hal ini tentunya menghemat pengeluaran kami untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik,” katanya.


Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol Didampingi Pasiter, dan Danramil Gambut menyampaikan kegiatan yang dilakukan sangat mendukung terhadap penggunaan pupuk organik, disamping bahannya mudah didapat, pembuatannya pun juga relatif gampang. Saat ini memang sangat dianjurkan mengedepankan perawatan tanaman dengan mengunakan pupuk organik.

Memang dari dinas pertanian menganjurkan agar perawatan unsur hara tanah juga mendapatkan perhatian dalam bertani, sehingga pupuk organiklah yang paling tepat untuk meningkatkan kwalitas tanah serta hasil panennya lebih aman untuk di konsumsi,” 


Selain bermanfaat bagi petani juga berdampak pada lingkungan, " Siswo menuturkan bahwa fungsinya sangat membantu kami TNI melalui  Binter Terpadu dalam rangka Pengolahan pupuk organik dari jerami sebagai alternatif mengubah pola pikir masyarakat untuk tidak membakar lahan persawahan sebagai dampak kabut asap

Inilah harapan kami sehingga padi yang sudah dipanen , jeraminyapun dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan pertanian.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di gatulas.com

Previous Post Next Post

Blog ads

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming