AKBP Siswantoro Pimpin Upacara Hari Satpam Ke-42 Tahun 2022 Di Mapolres Sampang

 

Sampang – Senin (30/01/2023) pukul 07.00 Wib Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH memimpin upacara hari Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 di lapangan Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang.

Selain 150 anggota Satpam se Kabupaten Sampang, perwakilan pengelola badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan, perwakilan Bhabinkamtibmas dari 14 Polsek jajaran dan Bintara remaja Polres Sampang juga mengikuti upacara yang merupakan puncak peringatan HUT Satpam ke-42 tahun 2022.

Kapolres Sampang saat memimpin upacara membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs, Listyo Sigit Prabowo M.Si.

“Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Satuan Pengamanan tahun 2022 dengan tema Sinergisitas Satpam dan Polri, Peduli Untuk Sesama”, tegas AKBP Siswantoro saat membacakan amanat Kapolri dihadapan peserta upacara di lapangan apel Mapolres Sampang.

Kapolri dalam amanatnya juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personil Satuan Pengamanan dimanapun bertugas dan mendoakan semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fingsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Kapolres Sampang juga mengatakan bahwa kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga diatus dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berbunyi “Pengemban fungsi Kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang di bantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa”.

AKBP Siswantoro menegaskan sebagai pemuliaan profesi Satpam, Polri telah mebgeluarkan Perpol No. 1 tahun 2023 tentang perubahan Perpol No. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi Satpam.

Dalam amanatnya Kapolri sangat merasakan peran serta Satpam dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19 khususnya penguatan protokol kesehatan di berbagai pusat aktifitas masyarakat. Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan Satpam karena laju pertumbuhan Covid-19 dapat terkendali dan berkat kerja sama semua lini Indonesia tengah memasuki masa transisi dan pandemi menuju endemi serta mulai fokus pada pemulihan ekonomi.

Sebelum menutup amanatnya Kapolri berpesan kepada seluruh personil Satuan Pengamanan (Satpam) agar senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma dan etika yang baik pada setiap pelaksanakan tugas.

“Selalu junjung tinggi kode etik profesi Satpam dan prinsip penuntun tugas Satpam di manapun berada serta selalu tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisiil yang di berikan kepada rekan-rekan Satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus di jaga Karena kehadiran Satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri dilapangan” lanjut AKBP Siswantoro S.IK, MH.

Kapolres Sampang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan dan seluruh stakeholder terkait atas kerja sama yang sinergis sehingga situasi stabilitas Kamtibmas Kabupaten Sampang kondusif.

“Saya berharap rekan-rekan Satuan Pengamanan agar terus mendukung tugas Pokok Polri khususnya Polres Sampang dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya” pungkas AKBP Siswantoro selaku Kapolres Sampang.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di gatulas.com

Previous Post Next Post

Blog ads

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming