Momen Haru Warga Nunukan Warnai Purna Tugas Yonarmed 18/Komposit

Jakarta, tniad.mil.id-  Momen haru warga masyarakat Nunukan mewarnai kepulangan Prajurit Yonarmed 18/Komposit Buritkang menuju Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Kaltara.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Yonarmed 18/Komposit pada Sabtu (20/8/2022), Dansatgas Yonarmed 18/Komposit, Letkol Arm Yudhi Ari Irawan, S.Sos., M.Han., mengatakan momen haru tersebut terjadi pada hari Jumat (19/8/2022) dimana Satgas diarak ratusan warga Nunukan dengan berjalan kaki sejauh 3.5 KM menuju Pelabuhan diserta kirab budaya Nasional dari beberapa organisasi pentas seni yang ada di wilayah Nunukan.

Seperti kirab reog ponorogo "Mitra Langeng Lestari," organisasi PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai), organisasi Pagar Nusa dan organisasi IKSPI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia).

Atas kepedulian dan kecintaan masyarakat Nunukan tersebut, Letkol Arm Yudhi menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya kepada masyarakat yang berada di wilayah Nunukan.

"Terima kasih untuk semua warga. Setelah kami pulang ke Batalyon tidak akan kami lupakan kenangan kenangan yang indah selama kami tugas Pamtas RI-MLY di Nunukan," katanya.

Dijelaskannya momen tersebut terjadi usai upacara serah terima Alih Kodal (Komando dan Pengendalian) Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonarmed 18/Komposit Buritkang kepada Yonif 621/Manuntung dan Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri yang dipimpin Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Rifki di lapangan Satgas Pamtas RI-Malaysia, Nunukan, Kaltara.

Upacara Alih Kodal tersebut terangnya menandakan berakhirnya masa tugas Satgas Pamtas Yonarmed 18/Komposit Buritkang dalam menjaga perbatasan RI-Malaysia.

Dikatakan Letkol Arm Yudhi, Danrem 092/Maharajalila dalam amanatnya menyampaikan dengan berakhirnya penugasan Yonarmed 18/Komposit sebagai pelaksana operasi satuan tugas pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia, Brigjen Rifki Komandan Komando Pelaksanaan Operasi Satgas Pamtas RI-Malaysia mengucapan terima kasih dan penghargaannya kepada Satgas Yon Armed 18/Komposit yang telah menuntaskan tugas pengamanan perbatasan dengan dengan baik selama kurang lebih 9 bulan.

Seperti lanjutnya, mengatasi berbagai permasalahan dan ancaman berupa tindak kriminal, penyelundupan barang, perdagangan manusia, narkoba, pencurian kayu dan patok perbatasan yang rusak atau bergeser ke wilayah Indonesia ataupun bergeser ke Malaysia.

Danrem juga, papar Letkol Arm Yudhi mengucapkan selamat datang kepada Satgas Yonif 621/MTG dan Yon Armed 5/105 TRK Pancagiri di wilayah penugasan di perbatasan. Tugas ini kata Danrem merupakan kepercayaan dan kehormatan serta wujud bakti terhadap rakyat, bangsa dan negara.

Lebih lanjut dikatakan Letkol Arm Yudhi, Danrem berharap besar kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yonif 621/MTG dan Yon Armed 5/105 TRK Pancagiri untuk memberikan dampak positif bagi kepentingan keamanan di wilayah perbatasan maupun untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat.

Jenderal TNI bintang satu tersebut menjelaskan, tambah Letkol Arm Yudhi tugas yang paling penting adalah penegakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah-wilayah perbatasan dapat dilakukan oleh personel Satgas. (Diapenad).

Post a Comment for "Momen Haru Warga Nunukan Warnai Purna Tugas Yonarmed 18/Komposit"