6 Destinasi Wisata di Pulau Jawa yang Wajib Anda Kunjungi


Gatulas.com - Jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbanyak dan wilayah terluas kelima di Indonesia. Pulau ini menaungi sejumlah kota modern dengan pertumbuhan yang pesat, seperti ibu kota negara, Jakarta, dan kota yang kaya akan sejarah, Surabaya.

Namun, buat para traveler, bukan kota-kota besar dan modern itu yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata di Pulau Jawa yang menjadi incaran mereka justru tempat-tempat yang keasrian alamnya masih terjaga.

Menariknya, destinasi-destinasi ini tersebar dari ujung barat hingga ujung timur pulau. Aktivitas yang ditawarkan tiap-tiap destinasi pun sangat beragam, mulai dari kegiatan di air, seperti snorkeling dan menyelam, hingga trekking dan hiking di pegunungan. 


1. Ujung Kulon, Banten

Terletak di ujung barat Pulau Jawa, Ujung Kulon merupakan destinasi wisata sekaligus tempat konservasi hewan langka di Banten. Di sana, Anda dapat menemukan Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi tempat hidup badak bercula satu, yang juga dikenal sebagai badak jawa. 

Daerah yang masuk dalam Kecamatan Pandeglang ini memiliki alam yang masih asri dan menawarkan beragam aktivitas seru. Anda bisa snorkeling di Legon Sumino yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya dan Pulau Badul yang tidak berpenghuni, menyusuri Sungai Cigenter yang kerap disebut Amazon-nya Indonesia, serta mengobservasi kehidupan hewan liar di Padang Cidaon. 


2. Pulau Tunda, Banten

Memiliki area luas yang mencakup daerah pantai dan kepulauan, Banten menawarkan beragam destinasi wisata bahari yang memukau. Salah satu destinasi yang terkenal di provinsi tersebut adalah Pulau Tunda.

Karena tidak seramai destinasi wisata mainstream, biota laut di perairan Pulau Tunda masih terjaga dengan baik. Airnya cenderung tenang sehingga cocok buat wisatawan yang ingin snorkeling maupun sekadar berenang. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam di Jembatan Putus.


3. Cirebon, Jawa Barat

Karena letaknya dekat perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon mengalami akulturasi budaya Sunda dan Jawa. Pengaruh budaya Cina, India, Arab, dan Eropa pun bisa Anda lihat di sejumlah objek wisata dan kerajinan tangannya, misalnya pada desain arsitektur Gua Sunyaragi dan pola batik khas Cirebon.

Menariknya lagi, Cirebon memiliki objek-objek wisata yang cocok untuk hampir semua pengunjung. Pencinta sejarah bisa mengunjungi Keraton Kacirebonan untuk melihat beragam peninggalan kerajaan, seperti keris, wayang, dan peralatan perang. Pencinta alam dan satwa bisa menyambangi tempat penangkaran kura-kura Belawa. Sementara itu, pemburu kuliner dapat mencoba beragam makanan khas Cirebon, seperti empal gentong dan nasi lengko. 


4. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Lain kali Anda merencanakan liburan ke Jawa Tengah, masukkan Banjarnegara dan Wonosobo ke dalam daftar destinasi pilihan Anda. Di antara dua kabupaten ini, terdapat Dataran Tinggi Dieng, yang memiliki pemandangan yang luar biasa. 

Terbentuk dari erupsi Gunung Prau, kompleks kaldera ini berada di ketinggian 2.093 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki beragam objek wisata menarik, mulai dari kawah belerang aktif Sikidang, pemandangan menakjubkan dari Batu Pandang Ratapan Angin, hingga danau dengan air berwarna unik di Telaga Warna. Kunjungi juga Candi Arjuna, yang dipercaya sebagai candi Hindu tertua di Pulau Jawa.


5. Bromo, Jawa Timur

Termasuk salah satu gunung terpopuler di Indonesia, Bromo kerap menjadi destinasi wisata pilihan para pencinta alam. Sejumlah paket wisata dan operator tur menawarkan beragam aktivitas seru di sana, mulai dari menjelajahi Bromo dengan mobil Jeep hingga kamping di alam bebas.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.932 meter di atas permukaan laut dan berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Semburan asap dari puncak Gunung Semeru, area yang gersang, dan suhu udara yang dingin membuat pemandangan Bromo begitu unik. 


6. Banyuwangi, Jawa Timur

Isi liburan Anda dengan bertualang ke ujung paling timur Pulau Jawa. Di sana, Anda dapat menemukan Banyuwangi, sebuah daerah dengan pemandangan alam yang sulit ditandingi. 

Destinasi andalan daerah ini adalah Kawah Ijen, yang bisa Anda capai dengan trekking. Di puncaknya, Anda dapat melihat Api Biru Ijen yang fenomenal. 

Objek wisata lainnya yang tak kalah populer, antara lain Hutan De Djawatan yang memiliki pemandangan bak latar kisah fantasi The Lord of the Rings, Air Terjun Coklak yang tenang, Taman Nasional Baluran, serta lokasi snorkeling Bangsring. 

Post a Comment for "6 Destinasi Wisata di Pulau Jawa yang Wajib Anda Kunjungi"