Rekomendasi 9 Kuliner Khas Vietnam Terpopuler

Tak hanya karena keindahan pantai-pantainya, kelezatan makanan khas Vietnam menjadi salah satu daya tarik untuk mengeksplorasi negara yang beribukota di Hanoi ini. Diolah menggunakan bahan-bahan dan bumbu khas, menjadikan kuliner asal Vietnam memiliki cita rasa unik serta wajib Toppers cicipi saat singgah ke Vietnam.

Tertarik memulai petualangan menjelajahi kuliner khas di Vietnam? Intip rekomendasi kuliner khas Vietnam terpopuler berikut:

1. Pho: Kuliner Mie Khas Vietnam

Popularitas dari makanan khas Vietnam berbahan dasar mie beras ini sudah tak perlu diragukan. Di berbagai negara lain termasuk di Indonesia Toppers takkan sulit menemukan hidangan kuliner khas Vietnam ini.

Pho merupakan makanan tradisional Vietnam berupa olahan kuliner mie beras dilengkapi topping daging ayam atau sapi serta kuah sup dengan daun jeruk. Bahan-bahan ini membuat Pho dibandingkan kuliner mie pada umumnya sehingga sangat cocok untuk melengkapi perjalanan wisata kuliner di Vietnam Toppers.

2. Goi Cuon: Lumpia Khas Vietnam

Sekilas makanan tradisional khas Vietnam selanjutnya ini terlihat seperti lumpia namun tidak digoreng. Tapi, setelah mencicipinya Toppers akan merasakan cita rasa yang sangat berbeda. Paduan irisan daging udang atau daging dan sayur-sayuran dilapisi kulit lumpia khas Vietnam membuat makanan tradisional asal Vietnam, Coi Cuon memiliki sensasi rasa lezat serta menyegarkan.

3. Cha Pe: Kopi Unik asal Vietnam

Kuliner khas Vietnam lainnya adalah Cha Pe, minuman tradisional Vietnam paling pas bagi para pecinta kopi. Vietnam sendiri memang terkenal akan kelezatan biji kopi khasnya. Tapi, yang membuat kopi asal Vietnam Cha Pe unik adalah komposisi dan proses pembuatan yang unik. Terbuat dari kopi berbusa ditambahkan susu kental manis dan sebutir telur mentah, jelas cita rasa kopi khas Vietnam tak bisa ditemukan di sajian kopi lainnya.


4. Banh Xeo: Pancake Khas Vietnam

Terbuat dari tepung beras, santan, kunyit yang ditumis bersama daging, udang, dan toge, kuliner tradisional khas asal Vietnam ini kerap disebut sebagai pancake khas Vietnam. Perpaduan tekstur renyah dan rasa gurih membuat makanan khas Vietnam satu ini populer dan banyak digemari.


5. Banh Cuon: Camilan Sehat Khas Vietnam

Makanan khas Vietnam lainnya untuk Toppers cicipi adalah Banh Cuon. Terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dengan isian sayuran dan daging, makanan khas Vietnam ini disajikan bersama bawang goreng renyah sehingga membuat rasanya semakin menggoda.

Umumnya kuliner tradisional khas Vietnam Banh Cuon dihidangkan bersama udang tempura serta gorengan-gorengan lainnya.


6. Ca Kho To: Kuliner Khas Vietnam untuk Pecinta Seafood

Dimasak menggunakan clay pot membuat kuliner khas Vietnam berbahan utama daging ikan ini menawarkan rasa gurih dan manis nan unik. Proses memasak tradisional membuat bumbu-bumbu menyerap ke daging ikan serta menjadikan cita rasanya semakin lezat. Tentunya, kuliner khas Vietnam ini akan berikan sensasi rasa berbeda bagi Toppers pecinta olahan seafood.


7. Com Rang: Nasi Goreng Vietnam

Bisa dibilang makanan khas Vietnam satu ini adalah “nasi goreng”-nya Vietnam. Selain bumbu rempah, yang membedakan Com Rang dengan nasi goreng lainnya adalah penggunaan Bia Hanoi, sejenis sayuran yang hanya bisa ditemukan pada makanan-makanan tradisional khas Vietnam.


8. Com Tam: “Broken Rice” yang Unik

Dikenal juga sebagai “Broken Rice”, kuliner tradisional khas Vietnam selanjutnya adalah panganan nasi yang terbuat dari olahan beras dengan butiran tidak utuh alias patah. Setelah dimasak menjadi nasi putih yang pulen, Com Tam akan dihidangkan bersama kuliner khas Vietnam lainnya seperti potongan daging, sayuran, dan telur mata sapi.


9. Banh Cam: Onde-Onde asal Vietnam

Melihat tampilannya, Ban Cham tentu sudah tak asing lagi karena makanan khas Vietnam ini sangat mirip-mirip dengan kuliner Onde-Onde asal Indonesia. Renyahnya bagian luar berlapis wijen berpadu manisnya kacang hijau di bagian isinya membuat Ban Cham sangat nikmat untuk dinikmati sore hari bersama segelas Cha Pe, kopi khas Vietnam.


Dengan cita rasa unik serta khas, tak heran jika ragam makanan khas Vietnam cocok melengkapi wisata kuliner Toppers selanjutnya. Sudah siap mulai petualangan kuliner di Vietnam.

Post a Comment for "Rekomendasi 9 Kuliner Khas Vietnam Terpopuler"