Budidaya Lele, Upaya Dandim 0303 Bengkalis Perkuat Sistem Ketahanan Pangan Sektor Hewani

BENGKALIS – Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto terus tunjukkan konsostensinya dalam menggalakkam program ketahanan pangan (Hanpangan) di Negeri Junjungan. Selain menggarap potensi pangan dari sektor tanaman budidaya, pihaknya juga menekuni pembudidayaan hewan air sebagai wujud dukungan memperkuat sistem ketahanan pangan.

Dengan benih 6.000 ekor ikan lele bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis dibudidayakan dan ditebar di 2 kolam masing-masing berukuran 6×5 meter di pekarangan markas Kodim 0303 Bengkalis.

Pasca penebaran benih ikan, para prajurit dikerahkan Letkol Endik untuk memantau perkembangan, mensortir ukuran, memerhatikan kualitas air sampai dengan memberi pakan secara rutin. Pemeliharaan tersebut dilakukan setiap hari sampai pada siang ini, Rabu (12/7).

“Dan siang hari ini anggota kita sedang mensortir ukuran, jadi yang pertumbuhannya lambat dan masih kecil ukurannya segera dipisahkan dengan ikan berukuran serupa. Nah ikan yang ukurannya besar-besar juga dikhususkan kolamnya, jadi ukuran antar ikan seragam agar tidak terjadi kanibalisme. Dengan demikian, jumlah ikan yang kita ternakkan tidak menyusut karena ikan saling memakan dengan kegiatan penyortiran. Lewat kegiatan ini pula, ikan yang kurang maksimal tumbuh kembangnya kita perhatikan secara khusus pakannya. Jadi kita harap ikan tidak mati, melainkan tumbuh besar untuk dipanen pada waktunya,” kata Letkol Endik, Dandim 0303 Bengkalis.

Dalam pemberian pakan, pihaknya tak melulu menebar pelet ke permukaan kolam. Selang-seling penebaran pakan berupa limbah rumah potong hewan seperti ayam dan tumbuhan seperti kangkung air juga diberikan agar nutrisi hewan air bertulang belakang dan berinsang ini dapat terpenuhi dengan baik.

Sejak penebaran benih ikan pada bulan Mei lalu, ukuran hewan air jenis catfish ini telah jauh berlembang dan siap panen beberapa waktu mendatang. Upaya pembudidayaan lele disebut Dandim jadi salah satu upaya mempertahankan dan memperkuat sistem ketahanan pangan non-tanaman di Kabupaten Bengkalis.

Selain bernilai ekonomis dan kaya nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam mencegah stunting, pembudidayaan lele juga disebut Endik terbilang sangat mudah, tidak memakan tempat terlalu luas dan ringan ongkos. Cukup dengan memakai kolam terpal atau ember-ember besar, pembudidayaan lele sudah bisa dimulai di pekarangan rumah dinas prajurit, rumah-rumah masyarakat bahkan di segala bidang tempat terbatas sekalipun.

“Cukup dengan kolam terpal atau ember, budidaya lele sudah bisa dimulai sebagai modal usaha penggerak ekonomi keluarga. Kita harap apa yang digagas oleh jajaran Kodim 0303 Bengkalis saat ini bisa ditiru dan menjadi contoh baik bagi masyarakat. Dengan demikian, kemandirian pangan di Kabupaten Bengkalis bisa kita wujudkan,” harap Letkol Endik.

Selain di markas Kodim 0303, pembudidayaan serupa juga telah diupayakan oleh seluruh prajurit Koramil jajaran. Secara serentak pembudidayaan ikan air tawar dengan berbagai jenisnya digarap agar kemandirian pangan yang dicanangkan beroleh hasil optimal. “Dan ini adalah wujud nyata kontribusi TNI Angkatan Darat hadir di tengah masyarakat, mengatasi permasalahan dan memberi solusi demi kemaslahatan masyarakat. Dengan program ini pula kita mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk gemar makan ikan, sebab nutrisinya sangat baik untuk tubuh, terlebih bagi anak-anak,” tukas Dandim 0303 Bengkalis Letkol Endik YH.

Post a Comment for "Budidaya Lele, Upaya Dandim 0303 Bengkalis Perkuat Sistem Ketahanan Pangan Sektor Hewani"