Ads

Desa Tobo, Desa Sehat Mata Bersama Babinsa Merakurak Tuban Dalam Gerakan Inklusi Peduli Mata Masyarakat

 

TUBAN, - Babinsa Ds. Tobo Kec. Merakurak Kab. Tuban Serda Ali Setyawan Bersama Bidan Desa Tobo Desa Sehat Mata Ibu Siti Nurkayah SST., bekerjasama dengan Yayasan Paramitra Jawa Timur  yang merupakan Lembaga Swadaya masyarakat yang berdiri sejak tahun 1986 dengan dilatarbelakangi oleh adanya tingkat kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat yang ditandai dengan keterbatasan ruang akses sumberdaya bagi masyarakat lapis bawah dengan menampilkan "GENDHIS PEMANIS" Yaitu Gerakan Inklusi Peduli Mata Masyarakat, (Selasa, 17/01/2023).

Serda Ali Setyawan menjelaskan, Inovasi Desa Sehat Mata melalui Gerakan Sehat Mata Masyarakat (Gesermas) di desa tersebut merupakan inisiasi Yayasan Paramitra Jawa Timur yang meliputi kegiatan antara lain operasi katarak dan untuk program anak-anak difokuskan pada tingkat SMP/MTs untuk mengakses kacamata bagi siswa yang tidak mampu. 

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Paramitra Jawa Timur, karena bisa memotivasi dalam membantu masyarakat yang mengalami kebutaan lantaran katarak, untuk dioperasi sehingga bisa melihat kembali,” jelasnya.

Koordinator Bidan Desa mengatakan, Desa Tobo sebagai Desa Sehat Mata merupakan implementasi dari hasil pelatihan kader mata baik dewasa maupun remaja. Desa Sehat Mata dijadikan program selanjutnya oleh pemerintah desa setempat dan mengapresiasi para kader mata sehat, perangkat, Babinsa dan tokoh masyarakat karena bertekad untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan kebutaan karena katarak.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Babinsa dan Stakeholder untuk selalu membantu mensupport kami"ucapnya. (Deny cakra)

Post a Comment

0 Comments