Hari Juang TNI AD ke-77 TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat

Madiun, - Ratusan prajurit dan PNS Korem 081/DSJ beserta Satdisjan mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-77 di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Kamis (15/12/2022).

Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Deni Rejeki yang bertindak sebagai Irup membacakan amanat dari Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Mengawali amanatnya, Kasad memberikan ucapan selamatnya atas peringatan Hari Juang TNI AD tahun ini dan apresiasinya terhadap kinerja seluruh prajurit dan PNS TNI AD. 

“Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD tahun 2022 kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga di manapun bertugas dan berada. Diiringi dengan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas pengabdian, loyalitas, disiplin, dan dedikasi yang tinggi,” kata Kasad dalam amanat tertulis tersebut. 

Kasad mengungkapkan bahwa, peringatan Hari Juang TNI AD kali ini diselenggarakan secara sederhana di tengah-tengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada para korban yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah. Sehingga dalam peringatannya diisi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban musibah bencana alam.

Mengenai tema Hari Juang TNI AD tahun 2022 yakni TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat, Kasad menilai, tema itu merepresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat, serta menempatkan kepentingan rakyat dan NKRI sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Lebih dari itu, tema itu juga menjadi pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat. Sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan harus selalu di hati rakyat. 

Melalui momentum peringatan Hari Juang Kali ini, Jenderal Dudung pun mengajak, agar dimanfaatkan untuk melakukan refleksi dan menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama untuk mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, adaptif, modern dan profesional, ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat.

Dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia saat ini, dirinya menegaskan bahwa, TNI AD harus mengambil peran untuk membantu mengatasinya. TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

Memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024, Kasad menekankan, supaya prajuritnya senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing- masing. Pertajam naluri prajurit sebagai insan intelijen, aplikasikan deteksi dini dan cegah dini, serta temu cepat dan lapor cepat. 

Dirinya juga berpesan, agar prajuritnya jangan ragu- ragu untuk bertindak dalam koridor aturan yang berlaku. “Jika untuk kepentingan rakyat dan merah putih, TNI AD tidak pernah ragu-ragu untuk bertindak,” tegasnya.

Di ujung amanatnya, Jenderal Dudung Abdurachman juga mengajak untuk terus melakukan tindakan- tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat yang akan bermuara pada TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat.

Post a Comment for "Hari Juang TNI AD ke-77 TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat"