Optimalkan Penyiapan Potensi Nasional, Korem 081/DSJ Gelar Bimnis

Madiun, - Guna lebih mengoptimalkan penyiapan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara, Korem 081/DSJ menyelenggarakan kegiatan Bimnis (pembinaan teknis) bidang Wanwil (perlawanan wilayah) TA 2022. 

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari program kerja bidang teritorial yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara,” kata Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Yuli Eko Purwanto saat membacakan sambutan Danrem Kolonel Inf Deni Rejeki pada pembukaan Bimnis bidang Wanwil di Aula Jenderal Sudirman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Selasa (9/8/2022). 

Ditambahkannya, proses penyiapannya perlu dilakukan secara dini, mulai dari sumber daya nasional yang meliputi sumber daya alam dan buatan, sarana prasarana dan pemetaan potensi wilayah, serta peta wilayah yang siap untuk mendukung terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna kepentingan pertahanan negara.

Lebih dari itu, dirinya pun menegaskan, jika tugas tersebut erat kaitannya dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 pasal 1 poin 6. 

“Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya. Serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman,” urainya.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakannya itu, Kasrem juga menjelaskan bahwa, salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan sumber daya nasional di darat dalam rangka untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter dengan metode pembinaan perlawanan wilayah.

Melalui kegiatan Bimnis itu, Kasrem berharap, nantinya dapat terwujud kesamaan persepsi, kesamaan langkah dalam pelaksanaan kegiatan, mampu melaksanakan pendataan, serta pemetaan dan perekapan data yang di dapat.

Kegiatan yang diikuti oleh para Pasiter dan Bati Wanwil dari Kodim jajaran Korem 081/DSJ, juga dihadiri oleh Pabandya Wanwil Sterdam V/Brawijaya Letkol Inf Budi Santoso yang melakukan tugas pengawasannya.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di gatulas.com

Previous Post Next Post

Blog ads

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming