Berikut 10 wisata perahu di Indonesia yang bisa Sahabat jadikan referensi kunjungan.


Hallo sobat Gatulas.com 


1. Little Venice, Bogor


Memiliki luas sekitar 125 hektar, Little Venice merupakan wisata perahu yang begitu terkenal di daerah Cianjur. Sebagaimana namanya, tempat ini memang didekorasi semirip mungkin seperti di Venice yang terkenal dengan wisata perahunya di kanal.


Berlokasi di Desa Sukanagalih, Pacet, Kawasan Puncak, Cipanas, Cianjur, Bogor, Little Venice bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp25.000. Harga tersebut belum termasuk menaiki perahunya, yaitu Rp20.000.


Perahu bisa menampung hingga 3 orang untuk mengitari sungai. Tidak hanya perahu dayung, di Little Venice terdapat banyak objek wisata, mulai dari perahu bebek besar hingga perahu bebek motor.


Oh iya, di Little Venice juga menyediakan paket prewedding loh. Bagi Sahabat yang ingin merasakan pengalaman tak terlupakan untuk dijadikan kenangan foto sebelum menikah, bisa menikmati paket tersebut dengan membayar Rp1.500.000 per dua lokasi.


2. Sungai Tambakrejo, Semarang


Ada banyak wisata perahu di Semarang karena kota tersebut merupakan daerah pesisir. Salah satu wisata perahu yang ada di Semarang adalah Wisata Perahu Sungai Tambakrejo.


Sungai Tambakrejo yang terletak di Tanjung Mas, Semarang Utara ini terkenal sebagai kawasan yang sering terjadi penurunan tanah dan banjir rob setiap tahunnya. Namun, pemerintah Semarang bersikeras bahwa hal itu bisa dibenahi.


Sekarang, daerah yang dulu dikenal kumuh tersebut sudah disulap sebagai kawasan wisata perahu yang menjadi daya tarik wisatawan. Terlebih, untuk menikmati wisata perahu ini pengunjung hanya membayar Rp10.000 untuk tiket masuk.


3. Sungai Opak, Yogyakarta

Liburan akan terasa berbeda dengan menyusuri Sungai Opak di Yogyakarta. Di sini disediakan perahu mesin berukuran sedang dengan kapasitas 9-10 orang untuk menyusuri sungai.

Pengunjung bisa menikmati wisata perahu ini dengan membayar Rp5.000 per orang dan akan menyusuri sungai secara bolak-balik dengan jarak kurang lebih 1,5 kilometer.

Wisata perahu Sungai Opak ini terdapat di Taman Pelangi atau lebih tepatnya Dusun Bembem, Trimulyo, Jetis. Taman Pelangi juga memiliki banyak objek wisata lain yang didekorasi dengan cantik sehingga sangat instagramable.


4. Vila Komando, Bandung

Bernama Vila Komando, tempat wisata ini memang awalnya berupa Vila. Akan tetapi, Vila Komando kemudian dirombak dan dijadikan sebagai wisata perahu karena memiliki danau yang begitu luas.

Terletak di Kecamatan Ciwidey, Vila Komando memang memiliki jalur yang agak rumit untuk dilalui. Hal tersebut dikarenakan tempat ini terdapat di wilayah pemukiman warga sehingga tidak terlalu terlihat seperti area wisata pada umumnya.

Untuk masuk ke wisata perahu ini, wisatawan harus membayar tiket Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak di bawah umur 10 tahun.

Terdapat dua pilihan perahu untuk mengitari danau di Vila Komando, yaitu perahu kayu dan perahu karet. Keduanya tentu saja perahu dayung dan memang akan lebih seru jika mendayung sendiri.


5. Dusun Semilir Eco Park, Semarang

Lagi-lagi berkiblat pada daerah Venesia di Eropa, kawasan wisata di Indonesia ini selalu ramai pengunjung. Ialah Dusun Semilir Eco Park yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Terdapat banyak objek wisata di sana, salah satunya adalah spot miniatur Eropa, yaitu Alun Eropa, yang di dalamnya terdapat wisata perahu seperti halnya di Venesia. Wahana ini baru dibuka pada September 2020 lalu.

Untuk masuk ke Dusun Semilir Eco Park, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan. Tiket itu sudah termasuk untuk menikmati objek di wisata perahu di Alun Eropa.


6. Grand Maerokoco, Semarang

Semarang memang terkenal dengan wisata perahunya. Setelah wisata perahu di Tambakrejo dan Semilir Eco Park, wisata perahu lainnya di Semarang adalah Grand Maerokoco.

Grand Maerokoco adalah taman mini di Semarang yang begitu terkenal. Wisata perahu di kawasan mangrove-nya baru dibangun pada 2017 setelah penambahan objek wisata tracking di area mangrove.

Grand Maerokoco menyediakan perahu kecil berdayung yang bisa dinaiki oleh kurang lebih 3 orang. Namun, di sini juga terdapat perahu dengan mesin yang lingkup jelajahnya lebih luas dibanding perahu dayung.

Yang unik dari wisata perahu di Grand Maerokoco adalah pengunjung bisa melihat ikan bandeng yang berlompatan ke permukaan air. Bandeng memang menjadi ikan ikonik Semarang.

Untuk masuk ke Grand Maerokoco, Sahabat hanya membayar tiket sebesar Rp10.000. Tiket itu belum termasuk menikmati wisata perahunya karena harus membayar lagi sebesar Rp5.000 per orang dengan waktu 15 menit.


7. Sungai Kalimas, Surabaya

Semakin mengembangkan diri sebagai kota wisata, Surabaya memang semakin terlihat cantik setiap harinya. Terlebih taman yang kini dimiliki oleh Surabaya berjumlah hingga 70 taman.

Wisata perahu di Sungai Kalimas menjadi sorotan. Sungai ini terkenal sebagai sungai tertua sekaligus terbesar yang ada di Surabaya dan membelah kota itu dengan indahnya. Rute yang disediakan adalah dari Taman Prestasi menuju Monumen Kapal Selam.

Tidak seperti wisata perahu lainnya yang buka sejak siang, wisata perahu di Sungai Kalimas ini justru terkenal sebagai wisata malam. Didekorasi dengan lampu-lampu cantik, wisata perahu Kalimas menjadi idaman para wisatawan dengan pemandangan malamnya yang gemerlapan.

Jam buka wisata perahu Sungai Kalimas ini adalah sejak pukul 08.00 hingga 15.00 untuk hari biasa. Nah, ketika akhir pekan wisata malam terbuka, yaitu hingga pukul 21.00. Tiket masuknya adalah Rp4.000 per orang.


8. Waduk Jatibarang, Semarang

Waduk Jatibarang yang terletak di Kelurahan Kandri, Gunungpati, Kota Semarang memiliki wisata perahu yang mengantar pengunjung mengelilingi waduk lebar ini. Terletak dekat Goa Kreo, pengunjung bisa mengelilingi goa tersebut.

Harga bayarnya dipatok per perahu yang bisa dinaiki hingga 4 orang. Mengelilingi setengah waduk, wisatawan akan dipatok harga Rp65.000 per perahu, sedangkan untuk mengelilingi keseluruhan waduk adalah Rp100.000 per perahu.

Selain menyewa perahu untuk mengelilingi waduk, wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk memancing di waduk. Tarifnya tentu saja berbeda, yaitu Rp100.000 per hari untuk perahu kecil dan Rp200.000 per hari untuk perahu besar.


9. Setu Babakan, Jakarta

Setu Babakan menjadi tempat wisata yang terkenal di antara wisata alam lainnya di Jakarta. Terlebih, tempat wisata yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini juga menjadi kawasan pelestarian budaya Betawi.

Di Setu Babakan juga terdapat wisata perahu yang bisa dinikmati wisatawan. Wisata perahu ini akan membuat wisatawan bisa mengelilingi Danau Setu Babakan yang ukurannya cukup luas. Perahu yang disediakan adalah perahu kayuh kaki berbentuk angsa.


10. Wisata Perahu Kali Pepe, Solo

Kali Pepe menunjukkan citra lainnya sebagai wisata perahu yang pertama kali dibuka ketika perayaan Imlek Januari lalu. Sungai yang terletak di pusat Solo tersebut juga dihiasi dengan lampion gemerlap yang menambah daya tarik pengunjung.

Terletak di depan Pasar Gede Solo, wisata di Kali Pepe memang hanya buka ketika perayaan Imlek tiba, tidak setiap hari. Untuk bisa menaiki wisata perahu ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp10.000 per orang.


Itulah 10 wisata perahu di Indonesia yang bisa Sahabat jadikan referensi untuk berlibur. Harganya yang murah, tetapi memberikan pemandangan alam yang indah tentunya sangat menarik, wisata perahu memang sangat sayang untuk dilewatkan.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di gatulas.com

Previous Post Next Post

Blog ads

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming