Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Terhits Dikunjungi


Yogyakarta selalu menjadi kota yang padat wisatawan saat memasuki musim libur. Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang masih kental dengan adat dan nuansa keraton ini menjadi sangat istimewa dimata pengunjung

Selain wisata bertema adat, Jogja juga dikenal dengan wisata alam budaya, wisata belanja, dan wisata kuliner. Jogja menyuguhkan berbagai pesona yang bisa dinikmati semua kalangan. Dari candi, pantai, hingga pusat perbelanjaannya menjadi destinasi wisata yang menarik.

Penduduk lokalnya yang amat ramah dan biaya hidupnya yang masih murah menambah kesan istimewa dari Jogja. Banyak wisata di Jogja yang bisa dinikmati tanpa merogoh kocek yang mahal pula, bahkan ada yang gratis.


1. Tugu Jogja

Tugu Pal Putih adalah nama lain dari Tugu Jogja yang banyak terkandung makna dan filosofi pada tugu tersebut. Lokasi Tugu Jogja berada di jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utama yang letaknya ada di perempatan jalan yang memiliki simbolis tentang Jogja.

Tugu Jogja sekarang menjadi objek pariwisata yang banyak yang dikunjungi oleh wisatawan rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Jogja tanpa berfoto di tempat ini. Karena sebagian pengunjung luar daerah rasanya tidak lengkap jika tidak mampir ke tempat ini.

Lokasi: Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang sebenarnya dikenal sebagai kompleks kerajaan ini terletak di atas bukit yang tinggi di desa Bokoharjo, yaitu sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut. Gerbang masuknya yang ikonik, hamparan rumput yang indah dan luas, paseban, goa, bekas pendopo, serta keputren dengan kolam yang amat unik akan memanjakan mata Anda.

Kompleks candi ini sangatlah luas yaitu mencapai 25 hektar. Anda bisa menikmati sunset terbaik di kompleks ini. Lokasinya tak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Apabila ingin masuk ke candi ini, Anda harus membayar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik dan 25 USD untuk wisatawan mancanegara. Di Candi Ratu Boko kita bisa mengenal lebih jauh tentang sejarah di masa lalu peninggalan masa kejayaan kerajaan di Jaman dahulu.

Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No. 2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


3. Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru lokasinya berada di sisi barat Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu di Kulon Progo yang sangat diminati oleh para wisatawan berbagai daerah. Rute menuju objek wisata di Kalibiru ini tidaklah sulit dan medannya mudah dituju terutama jika melewati Waduk Sermo yang indah panoramanya.

Namun jika kita sampai datang ke lokasi ini kita akan langsung puas dengan pesona keindahan wisata Kalibiru. Berbagai fasilitasnya telah disediakan oleh pengelola untuk kenyamanan bagi para pengunjung seperti homestay, camping ground, arena outbond, sampai tempat makan.

Lokasi: Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta


4. Alun-Alun Kidul

Alun-alun merupakan ciri khas identitas di tiap kota dan kota Jogja menawarkan pesonanya terutama di saat menjelang malam hari. Alun-alun selalu ramai banyak di padati oleh pengunjung di malam hari dengan kehadiran suasana yang hangat dan kita bisa menikmati kuliner yang di jajakan di sepanjang jalan.

Lokasi Alun-alun Kidul terletak di Selatan kota Jogja tepatnya di Jl. Alun-alun Kidul, kita bisa menikmati suasana khas yang berbeda. Di tempat ini selalu dipadati pengunjung dari warga Jogja sampai luar daerah karena tempatnya yang klasik dan romantis.

Lokasi: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kec. Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


5. Watu Lumbung

Watu Lumbung adalah salah satu destinasi wisata yang disarankan untuk dikunjungi dan berwisata edukasi di Jogja dengan cara yang unik dan mengasyikkan. Di tempat ini banyak terdapat perpustakaan yang sederhana namun lengkap disini kita bisa belajar berbagai hal dan bisa melakukan persembahan buku.

Persembahan minimal 3 buku maka kita akan mendapatkan reward berupa merchandise gratis, minuman bahkan makanan selain itu kita bisa menanam pohon disini. Musik akustik bisa kita nikmati di hari Jumat yang diadakan di Watu Lumbung dan kita bisa mendengarkan alunan musik yang memecah syahdu di kehangatan suasana.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


6. Museum Gunung Merapi

Museum ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Jogja. Semua aktivitas dan pengetahuan tentang Gunung Merapi tersimpan baik di sini. Terdapat dua lantai yang ada di museum ini.

Lantai pertama akan ada foto erupsi Gunung Merapi sampai alat pemantaunya. Sedangkan lantai dua Anda bisa menikmati replika Merapi, simulasi yang ditampilkan di LCD, hingga peraga-peraga. Apabila Anda ingin mengunjunginya, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan untuk mancanegara Rp 10.000.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.


7. Goa Jomblang

Goa ini berbentuk vertikal yang disebabkan karena permukaan tanah yang runtuh. Tanaman-tanaman itu tidak ikut runtuh dan malah tumbuh di dalam goa sehingga membentuk hutan yang diberi nama hutan purba.

Anda dapat mencoba suasana menyusuri goa dengan berjalan kaki menggunakan peralatan yang aman. Terdapat pula sebuah lorong yang akan menghubungkan pengunjung dengan Goa Grubuk yang disusun dengan batu, dihiasi dengan stalaktit, stalagmite, serta kristal yang membuat pengunjung merasa tidak bosan.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul.


8. Goa Pindul

i gunung kidul, objek wisata ini termasuk yang sangat terkenal dan menjadi ikon pariwisata kota Jogja. Goa Pindul menawarkan wisata yang menguji adrenalin Anda, yaitu cave tubing. Pada goa ini juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat mengagumkan.

Anda tidak perlu kawathir soal tiket, pasalnya tiket masuknya termasuk terjangkau, yaitu dari Rp 10.000 hingga Rp 35.000 saja. Apabila Anda tertarik dengan pesona alam dari goa ini, Anda dapat mengunjunginya bersama teman dan keluarga Anda.

Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul.


9. Pantai Depok

Apabila Anda mencari wisata kuliner, maka di sini tempat yang tepat. Pantai ini memiliki jenis pasir yang hitam namun tetap terasa eksotisnya. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan berburu seafood yang masih segar.

Pantai ini berlokasi di Bantul. Anda dapat menikmati beberapa spot foto yang ada di sini. Harga tiket masuknya hanya berada di kisaran Rp10.000. Apabila Anda pecinta seafood, maka pantai inilah yang sangat cocok dengan Anda.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.


10. Queen of South Resort

Tempat wisata Queen of South Resort di Jogja ini merupakan tempat wisata yang paling romantis lokasi ini terletak di pinggir pantai Parangtritis. Keindahannya yang memukau dengan pemandangan yang alami membuat puas untuk menghabiskan waktu liburan terutama di saat sunset tiba kita bisa menikmati keindahannya.

Pantai kolam renang ini langsung berhadapan ke arah pantai selatan yang semakin membuat suasana romantis tempat ini semakin indah untuk liburan. Di sini kita bisa menikmati keindahan matahari terbenam secara langsung sambil rileks di kolam renang.

Lokasi: Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Post a Comment for "Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Terhits Dikunjungi"