8 Taman Akuarium di Indonesia Buat Liburan Seru Bareng Anak


Liburan awal tahun enaknya ajak anak main sambil belajar, yuk! Nah, taman akuarium bisa jadi destinasi yang cocok buat kamu kunjungi.

Dengan status negara bahari, Indonesia punya banyak sekali taman akuarium menarik. Koleksi hewan dan tum buhan bawah lautnya pun sangat lengkap, mulai dari mainstream hingga langka.

Beberapa bahkan menawarkan desain interior akuarium yang megah. Sehingga, kamu dan buah hati tercinta bisa puas menyapa ikan-ikan sambil mempelajarinya.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi 8 taman akuarium di Indonesia yang bisa kamu kunjungi pas liburan nanti. Simak, yuk!


1.SEAWORLD

SeaWorld Ancol merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta tiga jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas sembilan akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta empat kolam terbuka. Bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh. Tapi, jika ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth)


2.DUNIA AIR TAWAR TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Terletak di dalam Taman Mini Indonesia Indah, Dunia Air Tawar merupakan spot rekreasi akuarium yang menarik. Sudah ada sejak 1994, taman air ini berisi keanekaragaman hayati air tawar dengan menyajikan simulasi dan replica ekosistem dari lahan basah asli. Dunia Air Tawar di TMII ini merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia serta terbesar di Asia, menyimpan 6.000 ekor 126 spesies, terdiri atas berbagai jenis, ukuran, asalnya baik dari berbagai perairan di Indonesia maupun belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilian, crustacean, dan ikan. Taman Akuarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, auditorium, akuarium Nusantara, Pojok Reptilia, Lororng Gurame, dan ruang karantina yang dibangun di bagian belakang.


3.PURBASARI PANCURAN

Kalau lagi ada di kawasan Purbalingga, kamu bisa mampir ke Purbasari Pancuran. Di sana, kamu bisa menikmati keindahan Planet Aquarium Toyoshuka. Wahana satu ini cocok banget buat kamu yang ingin melihat berbagai jenis ikan dengan akuarium yang tidak biasa. Pasalnya akuarium ini memiliki ukuran lebar 15 m, panjang 25 m dan tinggi 8 m. Sehingga kamu dan keluarga dapat menyusuri sepanjang akuarium untuk mengamati ikan yang beraneka ragam. Di sini, kamu juga bisa melihat keunikan spesial Arapaima gigas, ikan air tawar raksasa dari Amazon. Hingga kini koleksi tersebut masih dipertahankan sebagai bagian dari daya tarik tempat ini.


4.JAKARTA AQUARIUM

Terletak di Neo Soho Mall, Jakarta Aquarium menyajikan taman rekreasi dengan tema laut yang mana kamu bisa merasakan sensasi kebun binatang mini! Di sini, kamu nggak cuma melihat, tapi juga menyentuh beberapa binatang laut. Jenis ikan yang ada di sana antara lain Mandarin Fish, Pari Elang, Coconut Crab, Hiu Pari, Cardinal Banggai, dan lain-lain. Tentunya ada penguin penguin lucu yang jadi primadona di sana. Menariknya, di Jakarta Aquarium juga ada pertunjukkan dongeng bawah laut yang menggunakan teknik ilusi dan kemampuan hebat perenang profesional.


5.TAMAN AQUARIUM DI TAMAN PINTAR JOGJA

Yogyakarta juga punya spot akuarium yang seru buat liburan, lho. Terletak di dalam Taman Pintar Jogja, taman akuarium bisa kamu temukan di zona pertama Gedung Oval. Akuarium ini berbentuk setengah lingkaran sehingga pengunjung Taman Pintar dapat berjalan di lorong Aquarium dan merasakan sensasi khusus karena dikelilingi oleh ikan-ikan air tawar baik disamping maupun di atasnya. Jenis -jenis ikan air tawar yang ditampilkan antara lain nila, patin putih, patin hitam, koi, silver dollar, lele, sapu-sapu, cat fish, arwana, jenghiskan, tomang, ikan aligator, udang, dan lain-lain. Di zona ini pengunjung dapat mengenal perbedaan dan karakteristik masing-masing jenis ikan air tawar serta beberapa pengetahuan mengenai ikan-ikan.


6.TUNNEL AQUARIUM PULAU PUTRI

Siapa bilang Kepulauan Seribu coba punya hamparan laut luas dan pulau-pulau eksotis? Jika kamu main ke Pulau Putri, siap-siap terpukau sama taman akuariumnya. Bernama Tunnel Aquarium Pulau Putri, terowongan ini dapat kamu manfaatkan buat melihat pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan disekitar terowongan tersebut. Selain itu, terdapat juga Glass Bottom Boat dimana kita bisa melihat permukaan bawah laut dari dalam, karena kabin kapal bawahnya dilapisi dari kaca sehingga kita bisa melihat bagian bawah Laut.


7.AKUARIUM KEBUN BINATANG SURABAYA

Jika lagi kebetulan ada di Surabaya, jangan lupa aja keluarga main ke Aquarium KBS Surabaya. Terletak di dalam Kebun Binatang Surabaya, akuarium di sini menyimpan banyak sekali koleksi ikan. ka sebelumnya hanya 419 ikan saat ini bisa menampilkan 614 jenis ikan. Di setiap akuarium juga dilengkapi dengan papan edukatif tentang informasi ikan yang ditampilkan. Karena terletak di dalam kebun binatang, kamu bisa bebas eksplor setelah berkunjung ke spot akuariumnya.


8.FANTASTIK AQUARIUM

Kawasan Jatim Park 2 di Malang ternyata punya akuarium yang seru buat dikunjungi, Fantastik Aquarium. Sesuai dengan namanyaa, Fantastik Aquarium menawarkan pengalaman wisata bawah laut berbeda. Selain hadir dengan ratusan spesies ikan hingga terumbu karang, Fantastik Aquarium memiliki fitur unik, salah satunya 3D Aquarium. Selain itu, Fantastik Aquarium juga memamerkan beragam jenis reptil yang biasa hidup di darat dan air.

Post a Comment for "8 Taman Akuarium di Indonesia Buat Liburan Seru Bareng Anak"